Saturday, July 14, 2012

Penggunaan VLOOKUP pada Excell

              Dalam Excell, tentu kita mengenal fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP, tapi jika dipikir-pikir, kira- kira fungsinya untuk apa ya?. Teman – teman, akan baru tahu rasanya ketika teman – teman mulai harus mengolah data secara banyak, yang dimana dia terkadang menggunakan kode tertentu.
Contohnya seperti ini, 

 

Pada gambar ini ditunjukkan bagaimana ada dua tabel, yakni pertama, tabel pemesanan kue dan yang kedua tabel database kue.  Pada tabel pemesanan kue itu ada terisi 10 data pemesanan kue, yang meliputi nama pemesan, kode kue, jenis kue, jumlah pemesanan, total biaya, tanggal pemesanan dan tanggal pengambilan. Kemudian pada tabel kedua, itu ada kode kue, harga dan jenis kue. Di sini, kita akan mencoba menggunakan fungsi VLOOKUP. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengakses data dari tabel database secara vertical. Untuk saat ini kita akan berfokus kepada fungsi VLOOKUP dulu. Untuk sebuah laporan data seperti yang diatas, maka step-step yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

Pertama-tama, buat dahulu tabelnya seperti ini 
 
Kemudian. Setelah itu mulai masukkan rumus vlookup dengan cara “=VLOOKUP(nama sel, tabel range, dan indeks kolom)”.

Pada gambar diatas itu, tertulis seperti ini “=VLOOKUP(B3,$A$14:$C$17,3)”. Itu artinya adalah seperti ini, B3 itu adalah nama cell yang berisi kode kue, kemudian, $A$14:$C$17, itu adalah table range yang diambil dari table database. Dan setelah itu,3 adalah indeks tabel, data yang mau kita isi ada di tabel ke berapa pada tabel database. Kemudian sebagai tambahan, untuk penulisan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tanda sama dengan (=) dan juga koma (,) sebagai pemisah, terkadang di beberapa computer, tanda koma tidak bisa menjadi pemisah, maka untuk gantinya dapat menggunakan tanda titik koma(;). 

Setelah itu, maka hasil yang didapat akan menjadi seperti ini.



 
Dan untuk mengisi semuanya, dapat menggunakan cara yang sama seperti tadi atau jika mau lebih cepat, tarik saja ke bawah(yang ditarik adalah ujung kanan bawah dari kolom yang terisi tulisan Black Forest) maka hasilnya akan seperti ini.

 
Kemudian, setelah kita isi kolom total biaya dengan rumus : “sel yang berisi jumlah pemesanan x vlookup(nama sel yang berisi kode kue, tabel range dari tabel database, indeks kolom).

Berikut adalah contohnya :


D3 itu adalah sel yang berisi jumlah pemesanan dan sekali lagi jangan lupa menggunakan tanda sama dengan(=), karena dalam Microsoft Excell untuk setiap penulisan rumus harus menggunakan tanda sama dengan(=). Setelah itu hasilnya akan menjadi seperti ini.

 
Setelah itu tarik ke bawah, maka hasilnya akan sama seperti gambar yang pertama. Demikian teman – teman, selamat mencoba. Tuhan memberkati.


No comments: