Dalam Excell, tentu
kita mengenal fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP, tapi jika dipikir-pikir, kira- kira
fungsinya untuk apa ya?. Teman – teman, akan baru tahu rasanya ketika teman –
teman mulai harus mengolah data secara banyak, yang dimana dia terkadang menggunakan
kode tertentu.
Contohnya seperti ini,
Contohnya seperti ini,
Pada gambar ini
ditunjukkan bagaimana ada dua tabel, yakni pertama, tabel pemesanan kue dan
yang kedua tabel database kue. Pada
tabel pemesanan kue itu ada terisi 10 data pemesanan kue, yang meliputi nama
pemesan, kode kue, jenis kue, jumlah pemesanan, total biaya, tanggal pemesanan
dan tanggal pengambilan. Kemudian pada tabel kedua, itu ada kode kue, harga dan
jenis kue. Di sini, kita akan mencoba menggunakan fungsi VLOOKUP. Fungsi VLOOKUP
digunakan untuk mengakses data dari tabel database secara vertical. Untuk saat
ini kita akan berfokus kepada fungsi VLOOKUP dulu. Untuk sebuah laporan data
seperti yang diatas, maka step-step yang harus dilakukan adalah sebagai berikut
:
Pertama-tama, buat
dahulu tabelnya seperti ini
Kemudian. Setelah itu
mulai masukkan rumus vlookup dengan cara “=VLOOKUP(nama
sel, tabel range, dan indeks kolom)”.
Pada gambar diatas itu,
tertulis seperti ini “=VLOOKUP(B3,$A$14:$C$17,3)”. Itu artinya adalah seperti
ini, B3 itu adalah nama cell yang
berisi kode kue, kemudian, $A$14:$C$17,
itu adalah table range yang diambil dari table database. Dan setelah itu,3 adalah indeks tabel, data yang mau
kita isi ada di tabel ke berapa pada tabel database. Kemudian sebagai tambahan,
untuk penulisan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tanda sama dengan (=) dan
juga koma (,) sebagai pemisah, terkadang di beberapa computer, tanda koma tidak
bisa menjadi pemisah, maka untuk gantinya dapat menggunakan tanda titik
koma(;).
Setelah itu, maka hasil yang didapat akan menjadi seperti ini.
Dan untuk mengisi
semuanya, dapat menggunakan cara yang sama seperti tadi atau jika mau lebih cepat,
tarik saja ke bawah(yang ditarik adalah ujung kanan bawah dari kolom yang
terisi tulisan Black Forest) maka hasilnya akan seperti ini.
Kemudian, setelah kita
isi kolom total biaya dengan rumus : “sel
yang berisi jumlah pemesanan x vlookup(nama sel yang berisi kode kue, tabel
range dari tabel database, indeks kolom)”.
Berikut adalah
contohnya :
Setelah itu tarik ke
bawah, maka hasilnya akan sama seperti gambar yang pertama. Demikian teman –
teman, selamat mencoba. Tuhan memberkati.
No comments:
Post a Comment